Friday, August 20, 2010

akhirnya ke belitung ^^

Akhirnya ke belitung....
Tidak dapat dipungkiri, novel laskar pelangi sangat berpengaruh dalam trip kali ini. Apalagi setelah menonton film-nya. Semakin kuatlah hasrat untuk menghampiri negeri laskar pelangi ini.

Rencana perjalanan pun disusun sebulan sebelum berangkat. Setelah cari2 info dari sana-sini... cari tiket murah.. penginapan murah... dan semua yang murah2, rampunglah itenary untuk ke belitong.

Peserta trip kali ini delapan orang, dengan pertimbangan jumlah segitu cukup untuk satu mobil, walau ternyata dikemudian hari banyak teman yang berminat untuk ikut trip ini.

Day 1, trip darat..
- Kumpul di soetta jam 5 pagi, karena naik sriwijaya air jam 6.20, n tetep narsis walau nyawa belum kumpul...


- sampai di belitong langsung pergi icip2 mie belitong yang terkenal itu... rasanya... hmm agak manis, dan agak amis...


- Setelah kenyang makan mie belitong, meluncurlah kami ke pantai burong mandi...
Disana kami bebas bernarsis ria, karena pada saat itu pantai masih sepi dan belum ada pengunjung. Kontur pantainya landai dengan hamparan pasir putih yang bersih...


- Setelah puas bermain2 di pantai, kamipun segera meluncur ke vihara burong mandi.. Arsitektur vihara ini bertingkat2 dengan warna khas vihara yang indah...


- Karena hari sudah siang, kami putuskan untuk makan siang dan meluncur ke bukit samak. Disini kami makan siang dengan budget Rp. 25.000 perorang. Sejujurnya, kalau dibandingkan dengan bangka, rasa makanan di belitung ini agak kurang yah.. Namun rasa makanan yg kurang itu terobati dengan pemandangan di bukit samak yang indah.

- Setelah puas makan dan sholat, kami meluncur lagi ke bendungan pice gantong. Bendungan yang besar dengan debit air yang deras. Air nya pun di bendungan tersebut jernih sekali. Dari tepi bendungan dapat dilihat air berenang2 ditepian bendungan.


- Daaaaaaaaaaaaan tempat yang sudah dinanti-nantikan pun kami kunjungi.... SD... Muhammadiyah gantong. Pertama kami diantar ke lokasi pertama dimana replika sd tersebut dibangun untuk film laskar pelangi, namun disana sudah berdiri sebuah sd, sedangkan bangunan replika sd muhammadiyah sudah dipindah oleh dinas pariwisata belitung. Akhirnya kamipun ketempat baru dimana replika sd tersebut berada. Kondisi sd itupun sudah lebih baik karena dipugar oleh dinas pariwisata, namun bagiku sayang sekali karena mengurangi ke-eksotisan sd tersebut...


- Lokasi berikutnya kami tempuh agak lumayan jauh, yaitu ke tanjung tinggi. Sampai disana kami terpesona dengan pemandangan yang ada. Batu-batu besar berjejeran di tepi laut, dengan air laut jernih berwarna hijau toska... Ya, inilah lokasi dimana ikal dan kawan2nya menanti pelangi dan berenang2 di film laskar pelangi.. Hatipun tak sabar untuk segera menceburkan diri.. dan berenanglah kami disana.
Ada kejadian tidak mengenakkan disana, ada pengunjung yang saking narsisnya berpose meloncat diatas batu. Daaaaaaan... apa yg terjadi????? diapun jatuh terpeleset, dan tulang tempurungnya bergeser... ouch!!!! so, be carefull klo mo begaye... narsis boleh, tapi safety first.


- haripun beranjak malam, dan kami putuskan untuk cek-in ke penginapan yang sduah kami booking. Kami menginap di Tanjung kelayang cottage. Alasan memilih penginapan ini adalah untuk menghemat pengeluaran, sehingga kami tidak perlu menyewa mobil lagi untuk hari keduanya. Karena dihari kedua, kami berencana untuk susur pulau, dan tempat perahu berlayar adalah dari tanjung kelayang. Penginapan ini lumayan nyaman dengan pemandangan yang indah dan suasana yang sepi. Karena letaknya dipinggir pantai, kami pun bisa dengan mudah berburu sunset dan sunrise, hanya tinggal jalan dari penginapan, maka foto2 indahpun bisa didapat...

to be continue....

4 comments:

  1. hadoh... Ika membuat mupeng aja... :(
    ajak2 ngapa :D

    ReplyDelete
  2. @fajar: lha? perasaan dirimu udah dikasih tau waktu itu...

    ReplyDelete
  3. iya tau tp kan ga mungkin ikutan jg :D

    ReplyDelete